Blog untuk belajar bahasa C/C++. Blog untuk belajar dan berbagi ilmu.

Jumat, 05 Desember 2014

Membuat Angka Romawi dengan Program C


Sekarang, saya coba menuliskan pengalaman dalam mengerjakan sebuah kasus bahasa C. Pengalaman kali ini, disambut dengan sebuah situasi rumit dalam pergumulan dengan angka romawi. Saya mulai mengerti dan menghafal lambang dan mengubah angka desimal menjadi angka romawi pas SMP karena dituntut sama guru saya. Bisa di bilang ahli sewaktu kelas SMP-SMA. Tapi jangan khawatir, sekarang sudah ada mesin pencari Google, jadi kita tidak perlu menghafal lagi. Lagipula,
sekarang ujung-ujungnya kita lupa lagi setelah 8 tahun berlalu semenjak SMA.
Tanpa perlu basa-basi lagi, kita kembali ke permasalahan, lyric yang bisa kita gunakan untuk menghafal lambang bilangan Romawi yaitu:

M = 1000
D = 500
C = 100
L = 50
X = 10
V = 5
I = 1

"X Lebih Cantik Daripada Monyet"
Ada yang masih bingung membuat angka romawi? Kalau masih bingung kunjungi Romawi dengan Java.
Program C yang saya berikan disini, memang sederhana. Tapi saya yakin algoritma yang diberikan mudah diartikan bagi para programmer baru. 


Program diatas lebih banyak menggunakan struktur keputusan. Tapi hasil yang ditampilkan maksimal untuk bilangan bulat.
Hasil Compile-nya:


Sekian dulu untuk hari ini. Silahkan pembaca melihat isi blog ini untuk menambah pengetahuan tentang Ilmu komputer dan rumpun matematikanya. :)

0 comments:

Posting Komentar