Blog untuk belajar bahasa C/C++. Blog untuk belajar dan berbagi ilmu.

Selasa, 17 Desember 2019

03 - Perintah-Perintah Dasar Bahasa C


Mengenal Program C

Perhatikan dan cobalah program berikut:

// Program 1: senang.cpp
#include <stdio.h>
int main (void)
{
printf (“Bahasa C menyenangkan.\n");

return 0;
}

Contoh penulisan program pada Code::Block:
Gambar 1. Menggunakan Code::Block


Hasil compile:
Gambar 2. Hasil Compile Program "senang.c"

Pada baris pertama program #include <stdio.h> harus diisi ditulis di setiap program yang dibuat. Ini memberikan informasi kepada kompiler bahwa fungsi printf akan digunakan dalam badan program. Untuk selanjutnya akan kita bahas tetang Library secara khusus.
Pada baris selanjutnya: int main(void)menginformasikan bahwa nama program adalah main, dan memberikan (returns) sebuah bilangan bulat (interger) yang dituliskan ‘int’. Nama main akan diproses pertama sekali saat program dieksekusi karena merupakan fungsi dasar (utama). Kata kunci void yang dibatasi kurung () menunjukkan fungsi main tidak memiliki argument. Untuk selanjutnya akan dibahas khusus mengenai fungsi. Tanda kurung kurawal {} penting untuk menandakan sampai di mana badan program berakhir, khusunya fungsi program. Setiap di buka “{” jangan lupa untuk membuat penutup programnya “}”

Setelah tanda kurung kurawal, dipanggil sebuah statemen printf. Argumen dari perintah tersebut adalah sebuah untaian (string) karakter: “Bahasa C menyenangkan.\n”
Statemen printf adalah fungsi dalam library C yang menampilkan semua argumennya dalam program. Dua karakter terakhir dalam string tersebut yaitu backslash (\) dan huruf n, diartikan untuk membuat baris baru (Seperti menekan Enter jika mengetik di Ms. Word Office) Semua statemen dalam C harus diakhiri dengan karakter titik koma (;). Itulah sebabnya setelah tutup kurung argumen printf diletakkan titik koma (;)

Statemen terakhir dalam fungsi utama tersebut: return 0; menandakan akhir dari proses eksekusi program dan memberikan nilai 0 kepada fungsi utama. Di sini kita bisa menggunakan bilangan lainnya. Untuk dapat memahami program tersebut lebih lanjut, kita akan mencoba memperbaiki program dengan menambahkan kalimat “Dan bahasa C lebih menyenangkan”. Kita tambah statemen baru dengan menggunakan perintah printf. Jangan lupa statemen diakhiri dengan karakter titik koma (;)

// Program 2: senang.cpp
#include <stdio.h>
int main (void)
{
printf ("Bahasa C menyenangkan.\n");
printf (“Dan bahasa C lebih menyenangkan.\n");

return 0;
}

Gambar 3. Hasil compile setelah penambahan "Dan Bahasa C lebih menyenangkan"

Untuk mengenali kegunaan dari \n kita coba program berikut.

// Program 3: percobaan.cpp
#include <stdio.h>
int main (void)
{
printf ("Percobaan...\n..1\n...2\n....3\n");

return 0;
}

Hasil program:
Gambar 4. Hasil Compile Program percobaan.c

Latihan

Buatlah source program C untuk membuat tampilan seperti berikut. Ganti nama dan jenis kelamin sesuai pembuat program.



0 comments:

Posting Komentar